Selasa, 24 Juli 2012

tutorial merouting ke router

annyeong ^^ kali ini gue mau ngepost tentang cara merouting ke router. kalo di postingan sebelumnya udah gua sebar tentang tutorial merouting ke radio sampai bisa connect ke internet dan sekarang gue sebar lagi tentang tutorial merouting ke router sampai bisa connect ke internet. di baca ya pemirsaaaahhh :D

seperti cara yg sebelumnya, hal pertama yg harus lo lakuin adalah aktifin wlan. pertama-tama lo setting dulu di radionya, baru nanti ke routernya.
dan inget ya kalo mau setting router, DNS di radio jangan di aktifin, karna nanti di router ngga akan bisa connect ke internet kalo DNS yg di atas (radio) masih jalan.
yg kedua yg harus di lakuin adalah membuat konfigurasi di wireless. caranya : klik 2x pada wlan - klik wireless - dan buat konfigurasinya. yg harud di isi saat membuat konfigurasi di wireless adalah, isi mode, band, frequency, radio name, scan list, dan frequency mode-nya saja. selanjutnya tinggal klik Aplly lalu klik OK.

konfigurasi sudah di buat sekarang tinggal kita scan, kita cari radio server kita. caranya : klik 2x pada wireless - cari bacaan scan lalu di klik.

kalau server yg kita cari sudah ketemu klik STOP lalu klik CONNECT

kalau sudah terhubung dengan server langkah selanjutnya kita lakukan adalah membuat IP Address untuk wlan dan ether , lalu membuat Gatway, dan Firewall. (catatan : kalau merouting ke router saat sedang membuat konfigurasi di radio, DNS di radio jangan di setting, di biarkan kosong saja.)

sekarang kita buat IP untuk wlan terlebih dahulu. kali ini IP yg di pake 10.11.12.2/24. kalau anda ingin memasukkan selain bilangan IP yg di atas bisa saja. :) dan untuk "/" (slash), slash itu di pakai untuk membatasi ada berapa IP yg bisa masuk ke jaringan kita, semakin besar bilangan "/" maka semakin sedikit IP yg bisa masuk ke jaringan kita. untuk mengecek tentang "/" bisa cek di : http://www.subnet-calculator.com/cidr.php

dan selanjutnya kita buat IP untuk ether(radio) kita. buat ether IP yg gue pake adalah 192.168.10.1/24.

selanjutnya kita buat gatway-nya. biasanya sih kalo buat gatway oktat terakhirnya di isi dengan angka 1. dan kali ini gue bikin gatway gue jadi 10.11.12.1 (ini masih gatway buat radio loh ya, belom ke routernya. awas jangan salah tanggep :D)

sekarang kita buat firewall-nya dulu, caranya : klik IP - klik firewall - klik action lalu pilih masquerade dan klik Aply terus OK deh.

karna DNS ngga perlu di setting di radio kita langsung lompat ke router aja yaa ^^
di router hal yg pertama kali kita lakukan adalah klik interface lalu ganti nama ethernya biar nanti kita ngga bingung saat membuat IP Addrress-nya :) caranya : klik 2x pada ether yg ingin kita ganti namanya lalu masukkan nama sesuai dengan apa yg kita mau lalu klik Apply lalu klik OK atau biar ngga ribet tekan ENTER aja.

sekarang kita buat IP Address-nya pemirsah :) buat contoh kali ini gue pake IP 192.168.10.2/24 IP ini buat ether radio di router nanti buat IP ke laptop atau PC beda lg :D cara buat IP : klik IP klik Address lalu masukkan IP yg ingin di pake lalu tekan enter. dont forget sebelum tekan enter pilih dulu IP yg di buat untuk IP apa, kan di kolom ke 3 yg paling bawah ada bacaan interface tuh nah tinggal di pilih deh di situ :D

tadi kan baru buat IP buat ether radio di router nah sekarang buat IP untuk laptop atau PC yg pemirsah punya, caranya sama tinggal klik IP - klik Address - klik gambar tambah yg berwarna merah lalu masukkan IP-nya dan jangan lupa pilih itu untuk IP yg mana ^^

karna pada contoh kali ini ada 2 laptop yg nyolok ke router jadinya kita harus buat 2 IP buat ke laptopnya, langkahnya sama aja kaya tadi ^^

masalah IP udah selesai sekarang kita buat gatway untuk routernya. caranya klik IP - klik routes - klik gatway. (inget ya pemirsah yg di isi gatway-nya aja) lalu tekan enter.
 

setelah membuat gatway, selanjutnya kita buat firewall. caranya : klik IP - klik firewall - klik action dan pilih masquerade lalu tekan enter. gunanya masquerade ini untuk apa sih? gunanya tuh biatr semua IP yg kita input bisa saling ngobrol.

sekarang kita masukkan IP DNS-nya. IP DNS ini di dapet dari tempat ISP yg kamu gunakan ya pemirsah. dan biasanya juga dari pihak ISP-nya pasti ngasih IP DNS-nya ke semua pelanggan yg masang jaringan sama dia.
 

kalo semua langkah di atas udah di lakukan hal yg terakhir yg harus kita lakukan adalah ping ke semua IP yg kita bikin dan ke situs internet untuk memastikan IP yg kita buat sudah benar atau belum. pada contoh kali ini pertama gue ing ke IP ether buat laptop gue. karna ini yg paling penting. kalo di IP ini aja udah salah pasti seterusnya ikutan salah juga. jadi dalam pembuatan IP jg harus di perhatikan dan pastikan juga IP yg kita buat tidak bentrok antar IP yg lainya, karna kalo bentrok ngga akan bisa di ping. pertama gue ping ke IP laptop gue dulu ya, IP-nya 192.168.2.1

pingan kedua gue persembahin buat IP ether_radio gua hahahaha :D IP-nya 192.168.10.2

dan selanjutnya gue ping ke sebrang (ke IP laptop gue pas setting IP di radio tadi)

dan sekarang sebagai langkah terakhir gue ping ke google.com. kalo semua ping-an ini berhasil berarti kita sudah bisa connect ke internet. dan biar lebih pasti lagi lo ping di cmd (command prompt) kalo udah di ping di cmd tinggal buka software buat akses ke internet di PC lo, seperti mozila firefox misalnya. dan kalo udah bisa saya ucapkan selamat karna anda telah berhasil hahaha :D
"semoga bermanfaat ya pemirsah ilmunya" :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar