Jumat, 20 Juli 2012

setting jaringan dengan menggunakan console

tutorial setting jaringan dengan menggunakan console :

sebenarnya caranya sama aja dengan setting jaringan yang tidak menggunakan console, cuma bedanya kalau pake console semua perintahnya harud di ketik. dan jari tangan kita juga harus siap berada di TAB karna tombol TAB sangat membantu, kalau kita lupa perintah apa yang harus kita ketik kita bisa langsung menekan tombol TAB dan perintah-perintahnya akan muncul dengan sendirinya sesuai dengan huruf awalan yang kita ketik.

dan hal pertama yang harus kita lakukan adalah menaktifkan wireless


kalau wireless sudah aktif kita buat konfigurasinya. caranya klik 2x pada wlan lalu klik wireless dan buat konfigurasinya. yang perlu di isi saat membuat konfigurasi di wireless hanya MODE, BAND FREQUENCY, RADIO NAME, SCAN LIST DAN FREQUENCY MODE.
mode itu gunanya untuk menandakan kalau kita ini sebagai client atau server, kalau sebagai server pilih STATION untuk konfigurasi mode-nya, dan kalau sebagai server pilih AP BRIDGE atau BRIDGE (kalau menjadi server harus di perhatikan juga radio yang kita pakai itu bisanya menggunakan apa, AP BRIDGE atau BRIDGE). dan kali ini saya mencontohkan sebagai client.

kalau sudah di buat konfigurasinya, klik Aplly lalu klik OK.


dan selanjutnya kita scan, kita cari wireless server yang ingin kita hubungkan dengan PC kita.


kalau sudah ketemu kita klik STOP dan kemudian klik CONNECT


dan kali ini kita setting IP kita dengan menggunakan console (di ketik). pertama kita buat IP ADDRESS untuk Wlan. caranya buka NEW TERMINAL ketik ip add add address=(masukin ip yang ingin kita gunakan) lalu ketik interface=wlan1 lalu tekan enter. biar mudah tekan tombol TAB saja.


kalau sudah memasukkan IP yang ingin kita gunakan kita coba ping, untuk membuktikan IP yang kita buat benar atau tidak.


kalau sudah benar kita lanjutkan membuat IP Ether. caranya sama dengan membuat IP Wlan. ketik ip add add address=(masukin ip yang ingin kita gunakan) interface=ether1 lalu tekan enter.


kalau sudah di buat kita ping lagi untuk memastikan berhasil tidaknya IP yang kita buat. kita coba ping 192.168.2.1 (ini IP yang saya gunakan sebagai contoh). dan jangan lupa setiap membuat IP gunakan tanda "/" di belakangnya dan tambahkan 2 angka lagi. contoh : /24 atau /30 perbedaan antara /24 dan /30 adalah, kalau /24 dia bisa menampung sampai 254  IP dan kalau /30 hanya bisa menampung 2 IP.  jadi kalau menggunakan /30 dan apabila ada IP orang lain yang ingin masuk ke jaringan kita tidak akan bisa.


buat IP sudah selesai sekarang kita buat Routes atau Gatway. caranya ketik ip route add gatway=(masukkan gatway yang ingin kita gunakan) lalu tekan enter.


kalau gatway sudah di buat kkita lanjutkan dengan membuat Firewall. caranya ketik ip firewall add chain=srcnat action=masquerade, lalu tekan enter.


firewall sudah selesai, sekarang kita cek apakah IP DNS server sudah ada di PC kita atau belum. caranya ketik ip dns print, lalu tekan enter.


kalau tulisanya seperti gambar di atas berarti belum ada IP DNS -nya, dan kita harus membuatnya terlebih dahulu. caranya ketik ip dns set servers atau secondary-dns=(masukkan IP DNS server kita) lalu ketik allow-remote-requests=yes lalu tekan enter.


kalau DNS sudah kita masukkan kita coba ping ke situs internet, sekarang saya coba ping ke www.google.com.
kalau gambarnya seperti yang di atas tandanya jaringan yang kita buat sudah berhasil dan kita sudah bisa internetan.


gampang kan? semoga bermanfaat ^^

2 komentar:

  1. sepertinya saya terlalu bingung untuk hal yang seperti ini
    :D

    BalasHapus
  2. loh kenapa bingung? ini penjelasan tersingkat loh.

    BalasHapus