Jumat, 27 Juli 2012

merouting jaringan ke router menggunakan console

annyeong ^^
buat yg mau tau caranya setting jaringan menggunakan console harus baca postingan ini :D
sekarang kita mulai dari pengertianya dulu deh, console itu apa sih? console itu adalah perintah yang hanya bisa di jalankan dengan cara di ketik secara benar. kalau ketikannya ngga benar perintahnya juga ngga akan sesuai sama apa yang kita mau, jadi harus di ketik dengan benar :) dan untuk memudahkan dalam pengetikan perintahnya jari tangan anda harus siap di tombol TAB karna tombol ini sangat membantu.
pengartianya udah selesai sekarang kita langsung ke pokoknya aja ya, cekidot :D

pertama, seperti biasanya, kalau mau setting jaringan kita harus setting di radionya dulu buat connect ke server. jangan lupa aktifin wirelessnya ya. caranya : klik wireless klik wlan dan klik tanda centang yang berwarna biru atau bisa klik kanan mouse dan klik enable.

wlan udah di aktifin sekarang buat konfigurasi di wirelessnya, caranya klik 2x pada wlan dan klik wireless. yang perlu di isi dalam membuat konfigurasi di wireless cuma mode, band, radio name, frequency, scan list, SSID dan frequency mode.  buat yang ngga tau semua yang gue sebutin tadi itu apa, nih gue kasih pengertiannya.
mode itu posisi kita sebagai apa, kalau sebagai client pilih station kalau jadi server pilih AP bridge atau bridge.
band itu frequency dari radio yang lo pake, kalau radio lo bisanya cuma pake 5ghz ya lo pilih 5ghz, itu semua tergantung jenis radio kalian masih2 :)
radio name itu berfungsi untuk menandakan radio ini punya siapa, kalau posisi lo sebagai AP dan saat client lo mau connect ke lo dia jadi tau harus connect-in kemana, biar ngga salah alamat gitu maksudnya. hehehe :D
frequency ini di isi sesuai dengan radio yang kalian punya, kalau pake radio yang 5ghz pilih frequencynya dari 5000-an, ini juga sebenarnya tergantung server kallau posisi kita sebagai client.
scan list itu untuk mencari dari frequency berapa sampai berapa yang mau kita hubungkan ke PC kita, dan berguna kalau kita tidak mengetahiu frequency server kita berapa, jadi untuk mencari server kita perbesar dulu scan listnya :)
SSID itu di isi kalau posisi kita sebagai AP (server), kalau sebagai client ngga perlu di isi karna nanti akan terisi secara otomatis kalau kita sudah connect ke server.
frequency mode sebaiknya di isi superchannel.

selanjutnya kita scan untuk mencari radio server kita.

kalau sudah ketemu klik stop lalu klik connect

kalau sudah terhubung dengan server selanjutnya kita setting radio kita dengan menggunakan console. kalian tinggal ikutin perintah di gambar ini aja ya ^^
tapi ingat! kalau mau merouting ke router, DNS yang di radio jangan di setting. JANGAN DI SETTING, inget ya jamaah :D

kalau sudah buat settingan seperti gambar di atas sekarang tinggal di ping untuk memastikan semua IP yang kita buat itu berjalan dengan lancar atau engga.

kalau di wireless (radio) sudah di setting sekarang tinggal setting di routernya, caranya kalian ikutin gambar ini aja ya :)
pertaman lebih baik kalian namain ether kalian satu-persatu biat nanti ngga ribet saat membuat IP. caranya ikutin gambar ini.

kalau nama ether kalian sudah di ganti tinggal kita setting router kita, caranya kalian bisa ikutin di gambar ini apa saja perintah-perintahnya :)

kalau perintah di atas sudah di lakukan silahkan ping di command prompt untuk memastikan semua IP yang kalian buat sudah bisa di pakai atau belum, dan coba ping ke situs internet juga, kalau hasilnya seperti di gambar ini tandanya kalian sudah bisa internetan :)

selamat mencoba ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar