Kamis, 09 Agustus 2012

cara merawat PC

PC yang tidak terawat akan membuat kinerja PC tersebut menjadi lemah dan bisa saja memyebabkan PC tersebut sampai rusak. nah kali ini sata akan memberi solusi untuk merawat PC anda.
cara merawat PC :
1. bersihkan debu yang menempel pada motherboard anda dan peripheral (peripheral adalat alat input dan output komputer) lain di bagian dalam CPU (Central Processing Unit) dengan kuas cat ukuran sedang dan kecil untuk sudut dan celah-celah yang sempit.
2. gunakan udara bertekanan tinggi (kompressor) supaya peripheral benar-benar bersih dari debu.
3. lepas dan pasang kembali soket-soket peripheral.
4. ingat! jangan menggunkan cairan contact cleaner untuk membersihkan soket-soket konektor peripheral, karna cara tersebut salah. cairan contact cleaner sulit sekali (sangat lama) kering dan justru membuat debu lebih mudah menepel.
5. perhatikan cara pemasangan MB (mother board) dan peripheral lainnya apakah masih ada skrup yang masih kurang kencang. kalau ada lengkapi dan kencangkan skrup tersebut.
6. gunakan pendingin ruangan untuk PC atau kalau tidak memungkinkan bisa di kompensasi dengan cara pemasangan sirip pendingin dan colling fan ekstra apabila suhu processor di rasa terlalu tinggi, misalnya di atas 36 derajat celcius.
7. kalau terjadi korosi (karat) pada soket-soketnya gunakan contact degreases cleaner untuk membersihkannya. jangan menggunakan kuas untuk membersihkan soket-soket.
8. gunakan stavolt dan UPS untuk anda yang rumahnya sering mati listrik karna mati listrik yang secara tiba-tiba pada saat kita sedang menggunakan PC dan kejadiannya secara terus-menerus dapat membuat PC kita rusak atau harddisk terkena bad sektor.
9. sesuainkan OS dan aplikasi dengan spesifikasi PC anda, dan jangan menyimpan data terlalu banyak pada harddisk karna akan memperberat kinerja PC .
10. buatlah partisi harddisk yang proporsional.
11. jangan gunakan PC untuk game-game berat kecuali PC anda memang di rancang untuk game.
12.gunakan antivirus yang sesuai dan selalu update, kalau perlu tiap hari di update, atau update tiap 5 hari sekali.
13. dan pada waktu-waktu tertentu lakukanlah defragment harddisk. seperti abis download yang banyak setelah selesai download lakukalah defragment harddisk dan lakukan scan di antivirus anda kalau ada virusnya tinggal di apus :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar