Selasa, 14 Agustus 2012

perlengkapan membuat jaringan

kalau kita mau membuat sebuah jaringan kita memerlukan beberapa hal yang harus kita sediakan, seperti alat-alat yang di butuhkan dan perangkat-perangkat untuk membuat jaringannya. jadi bukan hanya dari segi software saja yang harus di lakukan, dari segi hardware juga perlu. langsung aja ya kita simak apa aja yang di butuhin untuk membuat jaringan.
pertama yang kita butuhin adalah alat-alat untuk membantu membuat jaringan, seperti :
1. tang crimping
2. obeng + dan -
3. kunci 10
4. kunci inggris
5. gunting
6. safety belt (ini fungsinya hanya menjadi pengaman diri kita saat sedang memanjat tower untuk menaruh antena dan radionya)
7. RG45
8. kunci pas, seperti kunci 10-11, 12-13, dan 10-8 (ini berfungsi untuk membuka baut dengan beranekan ragam ukuran)
9. dan yang terakhir kita butuh ruber (solasi). ini gunanya untuk menyolasi jumper biar pada saat hujan tidak terkena air.

alat-alat sudah di sebutkan sekarang kita lanjut ke perangkatnya.
perangkat jaringan itu sama saja seperti hardwarenya jaringan. di bawah ini perangkat yang kita butuhkan untuk membuat jaringan :
1. RB (router board)
atau yang biasa di sebut radio. radio juga ada berbagai macam jenis, ada radio PC, RB433 dan masih banyak lagi.

2. mini PCI (wireless card)
ini berfungsi untuk menhubungkan dari radio yang ada di tower ke jaringan kita.

3. antena
antena di gunakan untuk menerima sinyal elektromagnetik dan di ubah menjadi sinyal listrik dan antena juga bisa berfungsi sebagai pengubah sinyal listrik menjadi sinyal elektromagnetik dan meradiasikannya. antena juga ada berbagai jenisnya, seperti :
- antena grid
- antena sectoral

- antena flat
- antena bullet
semua antena ini ada yang mempunyai fungsi yang sama dan ada juga yang berbeda. seperti antena sectoral, antena ini hanya befungsi untuk menampung client.

4. besi
membuat jaringan juga di perlukan besi, gunanya untuk menyanggah antena di tower. besi juga mempunyai beberapa komponen, seperti :
- besi siku (jet) ini berfungsi untuk menyanggah antena di tower.
- klem pipa (besi U) ini berfungsi untuk menguci besi sikunya, biar antena yang kita pasang tidak jatoh dan tepasang kuat di tower.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar