Senin, 27 Agustus 2012

hardware jaringan

dari tadi mau posting sesuatu tapi bingung mau posting tentang apa, dan tiba-tiba kepikiran tentang hardware jaringan makanya sekarang saya mau posting tentang hardware-hardware jaringan sekalian berbagi ilmu :D
mungkin buat yang tidak mendalami ilmu tentang komputer dan jaringan pasti berfikir kalau hardware itu cuma komponen-komponen buat merakit PC, tapi ngga cuma PC yang punya hardware jaringan pun punya hardware sendiri.
1. NIC (Network Interface Card) atau LAN card ini berfungsi untuk menghubungkan antar komputer.
2. komputer server itu sangat penting peranya, fungsi utamanya untuk mengatur komunikasi data antara sesama client baik pada file sharing ataupun pembagian koneksi internet. dan fungsi lainya bisa berfungsi untuk webserver, ftp server dan masih banyak lagi.
3. komputer client berfungsi untuk memenuhi kebutuhan tertentu dan umumnya di tetapkan oleh server induk. komputer client juga bisa menginput data untuk server.
4. HUB sebenarnya sama aja dengan switch karna sama-sama untuk menghubungkan perangkat keras satu dengan yang lainya dengan menggunakan kabel. tetapi hub itu juga memiliki fungsi untuk memperkuat sinyal dan hub tidak memiliki kecerdasan untuk menentukan tujuan akhir informasi yang di kirim.
5. switch berfungsi untuk menghubungkan perangkat keras satu dengan yang lainya dan memiliki kecerdasan untuk menentukan tujuan akhir informasi yang di kirim. 
6. wireless juga termasuk hardware jaringan dan fungsinya untuk menghubungkan radio ke jaringan.
7. repeater itu adalah alat yang dapat menguatkan isyarat jaringan yang melintasinya.
8. bridge berfungsi untuk meneruskan lali lintas antara segmen jaringan berdasarkan informasi pada lapisan data link. dan bridge juga di gunakan untuk memecah jaringan yang besar menjadi beberapa segmen jaringan yang lebih kecil.

segini dulu ya infonya, kalau ada waktu nanti di lanjut lagi hehe :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar